Benteng Pendem - Cilacap.


 Cilacap - Benteng Pendem Cilacap memiliki luas kira-kira 18 hektare dan terpendam oleh tanah dan lumpur dalam perbukitaan. dan saat pertamakali di temukan Kondisi Benteng Pendem Cilacap tidak terlihat seperti Benteng pada umumnya. Karena Benteng ini banyak tertimbun oleh tanah berlumpur dan di tumbuhi dengan ilalang yang hampir menutupi seluruh Bangunan Benteng.

  Sejak di lakukan penggalian pada tanggal 18 November 1986 , sebagian dari bangunan Bentang berhasil di tampilkan kembali. Namun, Benteng pendem yang memiliki luas kira-kira 18 hektare ini, sekarang hanya memiliki luas 8 hektare , demikian juga dengan perlengkapan Benteng seperti meriam-meriam yang kuno yang berada di benteng ini , sekarang juga telah hilang.

 Dulunya , Benteng Pendem Cilacap di gunakan sebagai markas tentara belanda menjelang perang dunia ke II ( sebelum kekuasaan belanda di pulau jawa berakhir ) pemerintah belanda juga lengkapi lagi dengan mendirikan sejumlah benteng kecil di sepanjang pantai teluk penyu.

 Benteng-benteng tersebut di hubungkan dengan lori , dengan Benteng Pendem sebagai pusatnya , Belanda merasa perlu memperkuat benteng tersebut , karena mengganggap  pantai teluk penyu merupakan tempat strategis untuk mendaratnya pasukan musuh ketika jepang menjajah di Indonesia , benteng pendem itu juga pernah digunakan sebagai basis  pertahanan jepang.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *