Burung Kasuari Dan Ukiran Telurnya Yang Menarik.


 Jayapura - Kasuari adalah salah satu burung yang hanya ditemukan di Papua dan kepulauan Maluku. Kasuari adalah jenis burung yang memiliki ukuran besar, Namun Burung Kasuari tidak bisa terbang.  Tingginya dari Burung Kasuari dapat mencapai 150 cm, mempunyai kaki yang besar dan kuat , sehingga dapat berjalan dengan sangat cepat. Burung Kasuari memiliki Mahkota seperti tanduk berbentuk Helm yang berguna untuk masuk atau menerobos ke daerah hutan lebat. Bulu dari Burung ini berwarna hitam berbentuk lurus dan kaku seperti Injuk.

 Berbagai Jenis Makanan yang disukai Burung kasuari adalah Buah-Buahan, Serangga, dan terkadang Burung Kasuari memakan batu-batuan kecil. Selain itu, biasanya Penduduk Papua menjadikan tulang Burung Kasuari untuk  dibuat menjadi semacam pisau belati, yang pangkalnya di hias dengan bulu Burung Kasuari. Burung Kasuari memiliki  telur berwarna kehijauan berbintik-bintik mirip dengan Buah Mangga ( manalagi ). Telur ini berukuran besar dengan memiliki panjang sekitar 13-15 cm, bercangkang  tebal dan cukup keras.   
  
 Telur Kasuari menjadi favorit bagi para pemburu karena Telur Kasuari mempunyai berbagai jenis manfaat seperti isinya yang dapat dikonsumsi dan telurnya juga dapat dibuat kerajinan. Penduduk Papua biasanya membuat lubang di ujung telur, untuk mengeluarkan isinya. kemudian membersihkannya dan mengukirnya dengan berbagai gambar yang Unik dan Khas dari Papua. Telur Kasuari yang sudah diukir mempunyai harga yang cukup mahal untuk dibeli, tergantung pada kesulitan dalam membuat ukirannya.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *