Koteka " Souvenir Khas Papua ".

 Papua - Koteka adalah sebuah benda penutup kemaluan laki-laki di dataran tinggi Papua. Benda ini sangat terkenal karena benda ini, benda yang khas dari masyarakat tradisonal di Papua. Koteka memiliki arti " Pakaian " di bahasa Paniai . Bahan yang di gunakan untuk membuat sebuah Koteka adalah Labu  yang banyak terdapat dan tumbuh di pegunungan Papua.

 Proses pembuatan Koteka Sendiri dengan cara membakar Labu sampai dengan daging buahnya menjadi lunak, sehingga mudah untuk mengeluarkan semua isinya. sisa dari kulit Labu yang  telah di bakar dan menjadi keras kemudian dibersihkan dengan pisau untuk membuang sisa-sisa dari hasil pembakaran Labu tadi.

 Labu yang sudah menjadi Koteka  mempunyai tanda seperti ringan, berbentuk pipa dan cokelat muda. Sekarang, Koteka masih digunakan oleh penduduk di daerah pegunungan Papua. Tapi sekarang sudah berkurang penggunanya di karenakan mereka lebih memilih pakaian modern.

 Jika berkunjung ke Wamena, kita melihat banyak orang-orang yang mengenakan Koteka, dan di Wamena juga kita bisa menjadikan Koteka sebagai suvenir khas Papua. tidak terlalu sulit untuk menemukan souvenir seperti Koteka di Papua. karena banyak toko-toko suvenir yang menjual Koteka untuk dijadikan sebagai suvenir  khas Papua.

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *