Pasar Beringhardjo Yogyakarta

 Yogyakarta - Pasar Beringharjo adalah salah satu Pasar yang sangat terkenal di Yogyakarta bahkan selalu ramai setiap harinya dalam hal transaksi jual-beli berbagai jenis kebutuhan sehari-hari. Karena memiliki suasana yang ramah dan strategis, juga di dukung dengan banyaknya jenis barang yang diperjual-belikan maka tak heran Pasar Beringhardjo menjadi pasar yang sangat padat dengan aktifitas jual belinya.

 Selain terkenal dengan aktifitas  jual-beli yang padat, di Pasar  Beringhardjo juga terkenal sebagai pusat penjual Batik yang cukup lengkap dengan berbagai motif dan corak di kawasan Yogyakarta. Oleh sebab itu, Maka tak heran banyak pengunjung yang sengaja datang ke Pasar ini bukan untuk membeli kebutuhan sehari-hari tapi sengaja datang untuk membeli berbagai jenis kain Batik yang banyak  tersedia di Pasar ini.

 Pasar Beringhardjo awalnya merupakan sebuah hutan kecil yang di tumbuhi pepohonan beringin, namun tak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tahun 1758-an , lokasi tersebut sering di jadikan sebagai tempat transaksi antar pedagang dan masyarakat Yogyakarta. Dan pada tahun 1925-an pada masa Ngayogyakarta Hadiningrat di bawah pimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono IX , hutan kecil itu di bangun secara permanen dan di namai “ Pasar Beringhardjo “. Beringharjo memiliki arti bahwa dulu di tempat ini banyak tumbuh pohon Beringin ( Bering ) dan di harapkan di pasar ini para pedagang atau masyarakat Yogyakarta di berikan ke sejahteraan ( Harjo ).

 Pasar Beringhardjo merupakan Pasar yang menarik untuk di kunjungi maka tak salah jika kita mengunjungi pasar ini jika sempat, khususnya saat kita berkunjung ke kawasan Yogyakarta atau saat kita mencari berbagai jenis kain Batik yang diinginkan.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *