Mentok Rimba “ Favorit di Way Kambas”

  Lampung - Mentok Rimba ( Cairina scutulata ) adalah sejenis spesies unggas yang bersaudara dekat dengan Mentok kampung peliharaan ( Cairina Moschata ). Namun, walaupun kedua Mentok ini bersaudara dekat tapi kedua Mentok ini mempunyai sifat yang berbeda. Keunikan Mentok Rimba ( Cairina scutulata ) adalah mempunyai kemampuan untuk terbang yang cukup tinggi. Selain itu , Mentok Rimba pun selalu membuat sarang di lubang pohon yang memiliki ketinggian puluhan meter di atas tanah.

 Mentok Rimba merupakan jenis burung air yang sangat langka di dunia dan bisa dikatakan tercancam punah. Karena keberadaannya yang terancam punah dan jumlah populasinya yang semakin menipis, maka tak heran banyak pengunjung yang datang ke Way Kambas selalu ingin melihat dan menyaksikan hewan jenis ini.

 Selain itu, Mentok Rimba pun memiliki bulu yang cantik dan khas, perpaduan bulu yang berwarna hitam dan putih keliatan mencolok khusunya pada saat mereka sedang berada diatas pepohonan. Saat kita ingin melihat dan menyaksikan Mentok Rimba, maka kita harus mempunyai kesabaran yang cukup tinggi bahkan untuk melihatnya terkadang kita harus mempunyai tempat pengamatan yang tersembunyi agar tidak bisa di lihat
Mentok Rimba. Karena jika terlihat Mentok Rimba Bisa jadi Mentok Rimba itu akan kabur saat melihat kita.

 Karena selalu berada di atas pepohonan dengan ketinggian yang cukup tinggi maka para pengunjung sangat sulit untuk melihat Mentok Rimba dari jarak dekat. walaupun demikian Mentok Rimba sangatlah menjadi salah satu hewan Favorit bagi pengunjung khususnya saat mereka mengunjungi Taman Nasional Way Kambas.

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *