Taman Hutan Raya ( Tahura) Ir.H. Djuanda, Dago

Taman Hutan Raya ( Tahura) Ir.H. Djuanda Dago Bandung  Bandung - Taman Hutan Raya ( Tahura) Ir.H. Djuanda terletak di kawasan Dago Pakar, Bandung Utara Taman ini Dapat di tempuh dengan jarak kira-kira 3 km dari Terminal Dago. Di Taman Hutan Raya ( Tahura ) Ir.H. Djuanda kita di sajikan dengan pemandangan alam yang indah dan serta pemandangan sisa-sisa sejarah yang lekat menempel di tempat ini. Rimbunnya Pepohonon sekitar menjadikan suasana Tenang dan Asri yang kita dapat jika berkunjung.
Di sini juga kita bisa melihat-lihat sejumlah Artefak yang tersimpan di Museum Taman Hutan Raya  ( Tahura ) , yang menggambarkan bahwa pernah ada kehidupan di sekitar Danau Bandung, ketika Danau ini terbentuk sebagai Kaldera dari Letusan GunungSunda, kira-kira 105.000 tahun yang lalu.
                        
 Selain itu, terdapat Dua buah Gua yang sering di sebut Gua Belanda dan Gua Jepang hasil Peninggalan bersejarah dari bangsa Belanda dan Jepang yang pernah menduduki Indonesia.
Menurut Keterangannya Gua Belanda di buat sekitar tahun 1912 dan awal nya Gua Belanda ini di buat untuk Mengalirkan Air untuk keperluan PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air ) Bengkok. Namun rencana tersebut berubah, Mereka mengalihkan alur aliran air ke bawah tanah dan menjadikan Gua tersebut menjadi Pusat Telekumonikasi Militer Hindia-Belanda . Di Gua Belanda terdapat beberapa Cabang Gua dan lorong-lorong yang saling berhubungan satu sama lain nya. Dahulu di Gua ini juga terdapat beberapa fungsi ruangan yang di gunakan untuk Interograsi, Penyekapan dan lainnya.

 Sama dengan Gua Belanda, Gua Jepang pertama kali di buat dan di fungsikan untuk keperluan Markas Tentara Jepang karena hal itu di perkuat dengan beberapa bukti temuan pada saat Gua ini di temukan. Pertama Gua ini di temukan terdapat banyak sisa-sisa persenjataan Militer yang di temukan di beberapa bagian Gua ini pada tahun 1965 .

Berkunjung ke Taman Hutan Raya ( Tahura) Ir.H.D Djuanda sangatlah menguntungkan, di balik kita bisa Menikmati pemandangan alam yang Asri dan Sejuk, kita juga bisa mengetahui sedikit sejarah tentang negeri ini dan mengexplorasi pengetuhan lebih di tempat ini.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *