Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung yang sangat terkenal di Bandung karena memiliki bentuk yang menarik seperti “ Perahu Terbalik “ dan bahkan Gunung ini menjadi Obyek Wisata yang cukup terkenal di Bandung . Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter dan terletak Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung . Pemandangan di Sekitar Gunung Tangkuban Perahu pun menarik dengan banyaknya pepohonan yang rimbun dan perkebunanan teh, menambah kesan suasana yang menyenangkan di tempat ini.

   Jika kita mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu kita bisa berkeliling dengan melihat Obyek-Obyek Wisata seperti Kawah Domas, Kawah Ratu , Kawah Upas dan yang lainnya . selain kawah-kawah yang menarik untuk di kunjungi di Gunung Tangkuban Perahu juga terdapat Flora dan Fauna yang khas seperti Rusa , Monyet, Elang Jawa, Harimau, Macan Tutul, Pohon Puspa, Pohon Pakis Purba, dan yang lainnya.

  Selain memiliki Pemandangan dan Obyek wisata yang khas Gunung Tangkuban Perahu juga mempunyai Cerita yang menarik pada awal mula terbentuknya yang menjadi legenda sampai sekarang. Konon Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari Cerita “ Sangkuriang “ . singkat cerita Sangkuriang adalah seorang anak muda yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi dan Dayang Sumbi mengajukan satu syarat yang harus dipenuhi oleh Sangkuriang jika dia ingin mempersunting Dayang Sumbi. Syarat tersebut yaitu Sangkuriang harus membangun Sebuah Danau dan Perahu Raksasa yang harus di buatnya dalam Satu Malam. Namun, karena Sangkuriang gagal untuk mewujudkan syarat dari Dayang Sumbi. Kemudian Sangkuriang, menendang Perahu yang hampir selesai di buatnya dan konon , Perahu tersebut jatuh menelungkup ( Terbalik ). lalu perlahan-lahan berubahlah Perahu tersebut menjadi sebuah Gunung yang sekarang di kenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *